LOGO
  • MADRASAH HEBAT, MADRASAH BERMARTABAT. "ILMU TANPA AKHLAK BAGAIKAN POHON TANPA AKAR"

BERITA

  • Kegiatan Study Tour/Widya Wisata

    Kegiatan Study Tour/Widya Wisata

    29 Maret 2017 Abdul Mupid, S.Ag Dibaca : 347 Kali

    Pelajar adalah generasi muda yang akan menjadi pemimpin pada masa mendatang. Para calon pemimpin tentu harus memiliki kecerdasan, wawasan, semangat juang, dan rasa cinta terhadap tanah air. Dengan bermodalkan hal-hal tersebut, akan lahir para pemimpin bangsa yang handal, cerdas, berwawasan luas, memiliki semangat juang yang tinggi, dan cinta tanah air.

    Karakter tersebut harus di bangun dan di pupuk. Oleh karena itu, para pelajar harus membekali diri agar mereka nanti mampu memimpin bangsa. Kunjungan dan pengamatan terhadap, objek pendidikan/pengamatan, dan  objek wisata merupakan salah satu sarana yang mampu  membekali  pelajar untuk  mengembangkan wawasan, menumbuhkan semangat juang, dan menanamkan rasa cinta Tanah Air. Study Tour/Widya Wisata ini merupakan salah satu kegiatan edukasi siswa-siswi MIN 7 Jakarta Barat. 

    Study Tour/Widya Wisata itu sendiri adalah proses pembelajaran yang diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan. Kegiatan Study Tour/Widya Wisata ini menjadi tanggung jawab Komite MIN 7 Jakarta Barat yang merupakan agenda tahunan, pihak sekolah/madrasah hanya mendukung dan menyetujui serta memfasilitasi kegiatan tersebut. Pada saat pelepasan keberangkatan siswa-siswa, wali siswa, komite dan dewan menuju tempat tujuan, Bpk. Ahmad Basahil, MM selaku Kepala MIN 7 Jakarta Barat berpesan kepada siswa-siswi agar memperhatikan apa yang di dapat, di lihat dan di jelaskan oleh para guru serta mencatat kegiatan-kegiatan tersebut untuk nantinya dilaporkan kepada wali kelas masing-masing, kepada para wali siswa, komite dan dewan guru kepala MIN 7 Jakarta Barat juga berpesan untuk menjaga dan memperhatikan para siswa-siswi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 29 Maret 2017 terdiri dari kelas I berjumlah 1 siswa, kelas II berjumlah 11 Siswa, kelas IV berjumlah 15 siswa dan kelas V berjumlah 50 siswa totalnya berjumlah 78 siswa, dengan didampingi oleh wali siswa berjumlah 16 orang , komite berjumlah 8 orang dan dewan guru berjumlah 4 orang, yaitu Bpk. Rojak, S.Ag, Ibu Siti Hodijah, S.Pd.I, Ibu Bahiya Gasam, S.Pd.I dan Ibu Martini, S.Pd.I.

    Tempat yang dikunjungi adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang meliputi,  Museum Penerangan, Planetarium, Dunia Air Tawar, Museum Al-Qur’an dan Monumen Lubang Buaya.

    Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk :

    1. Mengenalkan kepada siswa kebudayaan yang ada di Indonesia
    2. Memperdalam pemahaman dan pengetahuan tentang teknologi, berbagai macam nama planet dan bentuknya, koleksi ikan yang hidup di air tawar, koleksi Al-Qur’an dan berbagai macam bentuknya serta mengetahui lebih jauh lagi tentang perjuangan para pahlawan revolusi korban keganasan G30S/PKI.
    3. Meningkatkan rasa cinta tanah air dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia.

    Besar harapan kami dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini dapat mengambil ilmu serta pelajaran yang positif yang bermanfaat untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain. (Admin. Abdul Mupid)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks